Cerita 100917: Belajar Bersyukur

Kemarin saya mengikuti kajian muslimah Ustad Salim A Fillah di Islamic Centre Balikpapan. Subhanallah banyak sekali akhwat-akhwat berkumpul menjadi satu dengan tujuan mencari ilmu. Sejujurnya cukup lama saya tidak hadir di majelis ilmu karena bebrbagai aktivitas. Bener-bener PeeR besar banget deh kalau masalah manajemen waktu. Oke balik lagi ke bahasan kajian, Ustad Salim membahas tentang Syukur. Berikut beberapa point yang saya catat, selamat menikmati….

Syukur adalah ekspresi keimanan kita dikala mendapat nikmat.

Syukur di dalam Al Quran di ulang sebanyak 75 x. Begitu pula dengan kata bala/musibah, di dalam AlQuran juga diulang sebanyak 75x.

Syukur adalah separuh dari iman, dan separuhnya lagi adalah sabar.

Lanjutkan membaca “Cerita 100917: Belajar Bersyukur”

Iklan

Beban

Di luar sana, saat seseorang di amanahi sebuah beban banyak yang berbondong-bondong mencari sandaran. Dan merasa terpuruk saat sandaran itu hilang ataupun tidak ditemukan. Saat sandaran itu ada, terlalu nyaman bersandar tanpa sadar harus berjalan.

Hingga lupa selalu ada lantai untuk bersujud. Lupa akan keajaiban sujud, yang kita bisikkan ke tempat terendah tapi didengar oleh langit.

Percayalah, semua akan terlewati dengan sejalannya waktu. Disana Yang Maha Perencana sedang menyiapkan kejutan-kejutan indah.

“Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…”

QS. Al-Baqarah:286

QS. Al-Baqarah:286

Mumpung Masih muda

Sebuah tulisan dr pak Hanafi Rais (putra pertama Amin Rais) taken from http://www.jamilazzaini.com

Mumpung Masih Muda

Saya teringat beberapa waktu yang lalu, sudah agak lama, dengan sebuah pesan yang menurut saya sangat dalam maksudnya.

Pesan itu mengatakan, “mumpung kalian masih diberi usia muda oleh Tuhan, gunakanlah kemudaanmu itu untuk membiasakan diri dengan ibadah-ibadah yang berat”.

Kenapa malah yang berat? Bukankah masa muda itu masa yang seharusnya enjoy, seneng-seneng, kok malah yang berat-berat?

Jawaban pesan tadi, “karena suatu saat kamu menua dan jadi lansia, maka ibadah yang tadinya terlihat berat akan jadi terasa enteng kamu jalankan”.

Rasanya benar juga. Nikmat Tuhan yang dianugerahkan kepada kita ini mustahil terhitung oleh kemampuan memori dan akal kita.

Di saat kita sehat, ada yang sedang sakit. Di saat kita gampang menghirup udara bebas dengan gratis, ada yang harus membayar oksigen untuk bernapas karena sakitnya.

Di saat kita diberi kenyang, ada yang sedang kelaparan. Di saat kita berkecukupan, ada yang kekurangan. Dan seterusnya.

Cara kita mensyukuri rezeki dan nikmat yang unlimited dari Tuhan itu ya hanya dengan beribadah yang serius.

Kita bahagia karenaa bersyukur dan bersyukur kita itu caranya dengan beribadah yang sungguh-sungguh.

Lanjutkan membaca “Mumpung Masih muda”

Selamat Jalan Kang Deden (Edcoustic)

Entah kenapa kemaren pagi saat merapihkan kerjaan kantor, ingin sekali mendengar lagu-lagu Edcoustic. Dan teringat saat pertama kali dengar lagu Edcoustic saat SMA. Muhasabah Cinta, itulah lagu Edcoustic yang saya dengar. Saya masih nampak seperti Remaja lainnya, yang masih terbilang “Nakal”. Dan saat mendengar lagu ini, menikmati aliran musik, dan mencoba memahami isi dari lagu itu. Dan dari sanalah hati saya terketuk untuk ber-Hijrah. Hijrah menjadi seseorang yang lebih baik lagi, seseorang yang ingin sekali dekat dengan Sang Pencipta.

Saat saya masuk KARISMA ITB, betapa senangnya mengetahui bahwa personil Edcoustic adalah seorang alumni dari KARISMA ITB. Diskusi ringan menjelang buka saat Ramadhan dan melihat langsung penampilan Edcoustic. Mendengar seorang adik yang sangat senang bisa berduet bernyanyi dengan beliau. Walau tidak pernah mengobrol secara langsung, tapi Kang Deden selalu memberi inspirasi.

Tengah malam saya terbangun, dan mendapat berita duka dari Bandung.

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka, telah berpulang sahabat kita Deden Supriadi. Alumni Karisma GF Wafa (99). Warga baitnet juga, baik milis maupun grup facebook.

Almarhum meninggal sekitar pukul 19.30 (30/12) karena sakit. Sempat dibawa ke RS Al Islam, tetapi sudah tidak dapat tertolong lagi.

Mohon doa dan dimaafkan segala kesalahan beliau.

Rumah duka ada di Jln Kupang No 2 Antapani dan akan dimakamkan kira pukul 09.00 di pemakaman buah dua Rancaekek. Jenazah akan berangkat dari Antapani pukul 08.00 (31/12).

Wassalam
Irfan

Itulah postingan dari seorang Alumni malam tadi. Tanpa sadar mata mulai berkaca dan pipi sudah basah. Terpikirkan olehku, “Kang Deden pergi meninggalkan KARYA, nanti bila tiba saatnya kamu mau meninggalkan apa Yuli?”. Walaupun raga kang Deden sudah tak ada lagi, tapi karyanya akan dikenang sepanjang masa.

Selamat Jalan kang Deden, Allah terlalu sayang padamu.

 

Air Tuba Dibalas Air Susu

Saya sering dengar peribahasa Air Susu dibalas air tuba, tapi yang saya bingungkan kenapa tidak ada peribahasa yang mengatakan Air tuba dibalas air susu? Apa karena kalo dibalik terlalu munafik? Apa yang bakal kalian lakukan jika ada yang berbuat jahat pada kalian? Membalas kejahatan lagi, dendam, mendiamkan, atau malah membalasnya dengan kebaikan?

Kalo saya pribadi, tergantung mood :mrgreen: . Sesuai kata lagunya Yovie and Nuno “Aku hanya manusia biasa yang tak sempurna dan gampang salah…” Saat ada seseorang yang menjahati saya, seminimal-minimalnya orang itu bakal saya cuekin. Nah, kalo orang itu mau masuk jurang? Apakah saya bakal tega dia masuk jurang? Jawabannya adalah tidak sodara. Sebenci-bencinya saya sama seseorang, jika dia kesusahan pasti ada rasa ingin menolong. Kalian juga pasti seperti itu. Kalaupun kalian membiarkannya jatuh ke dalam jurang, pasti ada pergolakan hati. Yup, itu namanya Hati Nurani.

Saya teringat sama kata-kata Bibi May Film Spiderman Part 2 (pasti udah pernah nonton kan? :mrgreen: ),”I believe there is hero in all of us, that keeps us honest, gives us strength, makes us noble, and finally allows us to die with pride. Eventhough sometimes we have to be steady and give up the things we want the most. Even our dreams. ”

Mungkin, jika nanti saya punya anak, maka peribahasa yang akan saya ajarkan adalah Air Tuba dibalas Air Susu.

Jangan pernah bilang saya sudah berbuat baik,

Tapi, teruslah berbuat baik

– Aa Gym

Jika merasa Sendiri

“ane sebenarnya masih dibutuhkan ga sih di sini? Kok ga ada yang peduli. Kayak bangkai aja di sini yang ga ada gunanya. Mending cari prioritas selain di sini. Ane mau non aktif dulu!” Lanjutkan membaca “Jika merasa Sendiri”