Cerita 070917: Main Badminton

Ini adalah cerita saya kemaren lusa. Jadi ceritanya, saya sedang dekat dengan segerombolan anak (berjiwa) muda. Awal kedekatan kami adalah acara Kelas Inspirasi Balikpapan 5 yang kebetulan kami disatukan dalam satu kelompok. Dan alhamdulillah, walau acara KI BPN 5 sudah lewat, silahturahmi tetap terjaga bahkan ada beberapa kegiatan sosial lainnya yang kita ikuti.

Sehat kuy…

Lanjutkan membaca “Cerita 070917: Main Badminton”

Iklan

Resep Gyoza

Beberapa bulan ini ada hobi yang baru saya tekuni. Yaitu memasak. Jreng… Jreng… Hampir setiap hari saya makan masakan sendiri, selain lebih sehat dan hemat, memasak bisa membuat saya bangun lebih awal. Hehehe… To The Point aja yo resepnya.
Bahan:
-10 lmbr kulit Gyoza (biasanya ada di supermarket terdekat ato bisa diganti dengan kulit pangsit)
-2 sdm/secukupnya minyak goreng untuk menggoreng
-1 sdm terigu dilarutkan dengan air di mangkok kecil untuk merekatkan kulit gyoza
Bahan isian:
-75 gr Sayur-sayuran sesuai sekera diiris seperti korek api (biasanya kol, rebung dan wortel kalo saya sih kemaren Sawi daging, Kol, sawi putih, wortel)
-1 batang daun bawang, diiris tipis
-50 gr ayam giling
-50 gr udang, kupas kulitnya terus cincang kasar
-1sdm maizena
-2sdt kecap asin
-1 sdt minyak wijen kalo ga ada bisa pake minyak goreng
-1/2 jari jahe diparut
-1 butir telor dikocok lepas

Cara membuat:
1. Campur semua isian sampai merata
2. Ambil 1 lembar kulit gyoza, isi dengan isian kira-kira 1 sdm, pokonya jangan banyak-banyak nanti kulitnya bisa ancur.
3. Oleskan pinggiran kulit gyoza dengan larutan tepung, rekatkan, lalu cubit-cubit bagian tepinya, lalu sisihkan.
4. Panaskan minyak goreng di pan anti lengket, inget ya apinya yang kecil aja.
5. Masukan gyoza, masak hingga kulit menjadi kecoklatan.

Gampang kannnnn? Gyoza ini cocok untuk orang yang ga suka sama sayur, karena sayurnya udah nyatu di isiannya. Buat yang diet juga cocok, karena banyak sayuran. Nah, untuk yang vegetarian, ga usah pake ayam giling ma udangnya.
Untuk menggorengnya jangan banyak-banyak ya minyaknya. Kalo di jepang, jarang menggoreng dengan banyak minyak. Lebih hemat dan sehat lhooo.
Oia, kalo kulitnya diganti dengan kulit pangsit, biasanya agak kaku dan gampang rapuh pas mengisi isiannya, jadi ati-ati ya….
Kalo udah jadi, bisa dicocol sama saus sambal, atau mayones pedas…

Selamat mencoba…..

image
Maap itu mayonesnya ga bermaksud buat promosi 😜😝😜

Resep Pempek Palembang

Karena kemaren ada yang nanya gimana caranya buat pempek, akhirnya postingan saya kali ini adalah bagaimana cara membuat pempek. Sebenernya Pempek itu banyak variasinya antara lain pempek lenjer (pempek biasa), pempek kapal selam (isinya telor), Pempek Ada’an (pempek bola), Pempek godo-godo (kayak bakwan), dan lain sebagainya. Malahan sekarang ada juga variasi yang baru, misalnya pempek isi sosis, keju, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, saya bakal berbagi bagaimana cara membuat adonan dasar pempek,cara memasaknya dan cara buat cuko (bumbu pempek), cekidot… Lanjutkan membaca “Resep Pempek Palembang”