6 Hal yang Dapat Merubah Hidupmu

Entah kenapa menjadi sebuah kebiasaan dimanapun berada, pasti hampir selalu tangan memegang smartphone dan melihat-lihat. Kalau saya ketika membuka smartphone, langsung otomatis jari mengarah ke aplikasi Instagram. Semacam “kecanduan” menurut saya. Ditambah dengan sifat narsis tak berujung, ada yang bagus dikit poto, sebelum makan poto, bahkan ada beberapa yang mau ibadah poto (yang ini hati-hati lho ya, khawatir ada sifat riya didalamnya). Sadar atau tidak sadar, itu membuat kita menjadi tidak produktif. Hayooo… Masa tahun 2019 masih tidak produktif?

Tenang, tenang, tenang, saya bukan negur kalian yang baca kok. Saya mah lagi negur diri sendiri. Yang sumpah, kerasa banget kayak hidup tidak produktif. Dan gadget adalah salah satu faktor yang membuat diri menjadi tidak produktif. Tidak semua konten di gadget membuat tidak produktif kok.

Salah satu gambar yang saya temukan di Instagram memberi beberapa tips agar merubah hidupmu lebih baik. Apa aja tuh? Cekidot…

Sumber foto klik disini
Sumber foto klik disini

1. Berhenti mengeluh, dan mensyukuri satu hal setiap hari

Yess, karena masih banyak hal yang patut kita syukuri. Tidak perlu hal besar, bisa dimulai dari hal yang kecil. Misalnya masih bisa melihat senyuman orang yang kita sayangi.

2. Olahraga

Pengalaman pribadi, saya lebih bisa produktif ketika saya merutinkan olahraga. Langsing urusan belakangan, itu hanya bonus. Buat badan jadi lebih sehat, itu yang utama. Badan tidak gampang sakit dan membuat kita lebih bersemangat.

3. Mengurangi interaksi dengan orang-orang yang menyerap energi kehidupanmu

Mulailah belajar untuk berkata tidak, jika kamu merasa hal itu akan menggangu kehidupanmu. Jangan biarkan orang lain menggangu kehidupanmu. Kamulah yang punya hak untuk mengatur kehidupanmu. Entah kenapa saya merasa kata “bodo amat”, sangat berguna di beberapa kesempatan.

4. Batasi waktu dengan gadget

Yess ini bahasan di awal. Batasi waktu dengan gadget. Mulailah belajar untuk memberi batasan. Memang susah untuk jaman sekarang, lakukanlah dengan perlahan tapi tetap konsisten.

5. Pelajari 1 hal dengan tekun

Kalo pengen 4 hal sekaligus gimana? Boleg aja, asal dilakukan dengan tekun dan menyesuaikan dengan kemampuan. Istilahnya, satu aja belum ada kok mau nambah lebih

6. Biasakan diri dengan kesepian

Untuk yang beragama muslim seperti saya, hal yang keenam ini bisa kita lakukan ketika melaksanakan sholat. Berusahalah untuk tetap pada kekhusyuk-an. Bahkan menurut saya, memperbaiki sholat adalah hal yang menjadi prioritas utama ketika ingin menjadi diri yang produktif.