Alasan Kenapa Tidak Harus Beli Mobil

Salah satu goal yang bisa saya wujudkan di tahun 2018 adalah akhirnya saya punya SIM A dan bisa mengendarai mobil. Yeay…. 💃💃💃 Sejak jaman kuliah, saya bertekad memang ingin bisa mengendarai mobil sebelum menikah. Kenapa? Agar kelak ketika suami lelah mengendarai mobil, saya bisa bantu menggantikannya menjadi sopir. #azek 😎😎

Walaupun sekarang bisa mengendarai mobil, saya pribadi belum berminat untuk membeli mobil pribadi. Ada beberapa alasan kenapa tidak harus membeli mobil yang mungkin bisa dipetik pelajarannya.

1. Belum merasa ditahap butuh.

Bagi saya yang pekerja kantoran yang kerjaannya memang lebih banyak diem dikantor daripada mobilisasi keluar, mobil hanya menjadi sarana berangkat kerja dan pulang kantor. Jarak tempuh kantor dan rumah hanya menghabiskan 20 menit satu kali perjalanan. Jadi, dalam satu hari saya hanya memakai sekitar 1 jam dari waktu 24 jam yang dipunya. See, 1 banding 24, kesimpulannya saya belum butuh punya mobil. Beda cerita jika memang menjadi mitra ojek online, kebutuhannya berbeda.

2. Belum punya uang cash untuk membeli.

Kenapa nggak kredit aja? Mending sekalian nggak punya mobil daripada kudu kredit. Saya sedang belajar untuk sabar menginginkan sesuatu, jika uang saya belum cukup, saya rasa bersabar adalah pilihan yang tepat. No kredit no riba (mohon doanya 🙏🙏🙏🙏)

3. Boros

Mulai dari biaya bensin, parkir maupun perawatan per bulan. Ketiga hal ini membuat saya tambah yakin untuk tidak memilikinya dulu. Satu kali pengisian bensin, minimal Rp 100.000 melayang dan hanya bertahan selama beberapa hari. Satu kali perawatan mobil bisa sampai 1 juta. Akk, itu membuat kacau alur mobilitas kas yang sudah diperhitungkan.

4. Bisa pinjam atau sewa

Alih-alih membeli, mengingat saya belum di tahap membutuhkan mobil, saya lebih memilih pinjam mobil kepada yang dikenal, atau sewa mobil sekalian. Dana akan menjadi lebih hemat.

Penulis: yulijannaini

Seseorang yang ingin bercerita tentang kehidupannya

6 tanggapan untuk “Alasan Kenapa Tidak Harus Beli Mobil”

  1. Saya sendiri secara pribadi juga gak punya mobil..
    tapi diberi amanah untuk ngerawat 2 mobil mertua sama kakak…
    bener banget, salah satunya adalah maintenance dan bbm yang cukup menguras uang..
    biasanya kami sekeluarga keluar seminggu sekali dua kali..
    kalau sehari-hari tetep naik motor heheh..irit..

  2. Wah, setuju semua alasannya. Saya dan Ibuk di rumah juga terus saling mengingatkan untuk nol riba dalam hidup kami, termasuk soal kredit. Dan yap, bersabar untuk menahan keinginan beli sesuatu atas alasan butuh, bukan ingin. Semoga istiqomah ya Mbaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.