Petunjuk atau Kesesatan ??

Saya sekarang sedang baca buku dari Ust. Felix Siauw, yang judulnya Beyond the Inspiration. Belum tamat sih bacanya, tapi ada topik yang menarik. Sehingga ingin sekali memostingnya di Blog ini.

Mari kita simak petikan ayat berikut:

Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barang siapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi (QS. Al-A’raf [7]: 178)

Maka sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendakin-Nya (QS. Fathir [35] :8)

Jika membaca 2 ayat diatas, seringkali sebagian besar muslim beranggapan bahwa hidayah (petunjuk) dan kesesatan itu adalah pemberian dari Allah. Yang akhirnya tidak menganggap atau menafikkan total peran mereka sendiri di dalamnya. Masa iya sih kesesatan seseorang itu adalah ketentuan Allah SWT?

Nah, mari kita liat ayat yang satu ini:

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu mengubah nasibnya sendiri (QS. Ar-Ra’d [31]:11)

Nah, jelas disini kita sesat itu karena kita tidak mau berusaha mengubah nasib kita. Life is Choice. Kamu mau jauh dari-Nya atau dekat dengan-Nya itu pilihanmu. Tapi ternyata di dalam Al-Quran ada 3 kelompok golongan yang tidak akan diberikan petunjuk oleh Allah.

Yang pertama adalah orang-orang kafir. Tertulis di ayat berikut.

…dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang kafir (QS. Al-Baqarah [2]: 264)

Ayat ini senada dengan (Al-Maidah[5]: 67), (At-Taubah[9]: 37), dan (An-Nahl[16]: 107). Hayoo buka Al-Qurannya, hampir sama kan maknanya? Orang kafir adalah kelompok selain Muslim, yang terdiri dari golongan ahli kitab dan dari golongan musyrik, yaitu orang-orang yang mengingkari kebenaran yang datang dari Allah dan mengambil sesembahan lain selain Allah. Definisinya bisa dilihat di (Al-Bayyinah [98]: 6).

Yang kedua adalah orang-orang fasik. Tertulis di ayat berikut.

dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang fasik (QS. Al-Maaidah [5]: 108)

Coba buka lagi Al-Qurannya dan lihat (At-Taubah [9]: 24), (At-Taubah [9]: 80), (As-Saff [61]: 5), dan (Al- Munafiqqun [63]: 6). Hampir sama kan? Orang fasik dalam Al-Quran seringkali disebut sebagai orang yang tidak mengindahkan perjanjian, mengingkari kesepakatan dan menganggap remeh perintah Allah. Ayat mengenai orang fasik bisa dilihat di (Al-A’raf [7]: 102).

dan yang ketiga adalah orang-orang dzalim. Mari kita lihat ayat berikut.

Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang dzalim (QS. Al-Baqarah [2]: 258)

Ayat yang senada seperti diatas, ada nggak yul? | Ada, sok langsung buka (Al-Maaidah[5]: 51), (Al-An’Am[6]: 144), (At-Taubah[9]: 16), (Al-Qasas[28]: 50), (Al-Ahqaf[46]: 10), (As-Saff [61]: 7), dan (Al-Jumu’ah[62]: 5). Orang dzalim adalah orang yang mendustakan Allah dengan cara memalsukan ayat-ayat Allah, mengganti ayat-ayat Allah dan orang yang mengingkari kebenaran yang datang dari Allah SWT.

Persamaan dari 3 kelompok diatas adalah kelompok orang yang tidak mendapat petunjuk dari Allah SWT. Dan ternyata, kita akan menemukan bahwa ketiga kelompok yang tidak akan ditunjuki Allah ini ternyata disebutkan dalam surah yang sama dalam ayat yang hampir berurutan.

Barang siapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir (QS. Al-Maaidah [5]: 44)

Barang siapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang dzalim (QS. Al-Maaidah [5] : 45)

Barang siapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik (QS. Al-Maaidah [5]: 47)

Kesamaan yang bisa kita dapatkan adalah kaum ini sama-sama tidak mau memutuskan perkara dengan sesuatu yang telah diturunkan oleh Allah SWT. Mereka menolak untuk menggunakan aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Yang tidak lain seseorang menjadi kafir, fasik dan dzalim bukan karena dia tidak mendapat petunjuk dari Allah, tapi itu adalah pilihan mereka sendiri.

Inget, Life is Choice.

Mau menurut atas petunjuk yang sudah diberikan

atau memilih jalan lain yang sesat

Itu semua tergantung pada pilihan Anda

Selamat memilih 🙂

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s