Resep Pempek Palembang

Karena kemaren ada yang nanya gimana caranya buat pempek, akhirnya postingan saya kali ini adalah bagaimana cara membuat pempek. Sebenernya Pempek itu banyak variasinya antara lain pempek lenjer (pempek biasa), pempek kapal selam (isinya telor), Pempek Ada’an (pempek bola), Pempek godo-godo (kayak bakwan), dan lain sebagainya. Malahan sekarang ada juga variasi yang baru, misalnya pempek isi sosis, keju, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini, saya bakal berbagi bagaimana cara membuat adonan dasar pempek,cara memasaknya dan cara buat cuko (bumbu pempek), cekidot…

Adonan dasar Pempek

Bahan-bahannya:

  • Daging ikan giling (harus ikan yang tidak banyak lemaknya, seperti tenggiri, gurame, atau ikan gabus)
  • Tepung kanji/sagu (kalo kata orang sunda mah “aci” )
  • Air sedikit aja buat ngelarutin garam (lebih bagus air es)
  • Garam
  • Penyedap (kalo suka)

Perbandingan antara ikan giling dan sagu bisa 1:1 atau 1: 1/2 atau 1:3/4 semakin banyak ikan semakin mantap..

Caranya:

  1. campur ikan giling, air, garam, dan penyedap. Aduk sampai semua tercampur
  2. tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan tidak lengket lagi di tangan

Jadi deh adonan pempeknya. Gampang kan?? Kalo adonan udah jadi, terserah deh mau dibentuk kayak gimana alias sesuai selera. Nah, kalo cara masaknya gampang sekali.

  1. Masak air sepanci dengan ditambak 2 sendok minyak goreng (biar ga lengket) sampai mendidih.
  2. Masukan adonan yang sudah dibentuk
  3. Biarkan hingga mengapung, angkat dan dinginkan
  4. setelah dingin siap untuk disajikan.

Biasanya, setelah dimasak pempek digoreng. Tapi direbus aja juga enak kok sebenernya, siapa tau kalian mau diet :p . Nah, yang terakhir itu resep membuat cukonyo alias bumbu pempek.

Cuko

Bahan:

  • Gula Merah/gula aren (saya lebih suka pake gula aren yang warnanya coklat tua)
  • asam jawa (campur sama air secukupnya trus yang digunakan air asam jawanya aja)
  • bawang putih yang dihaluskan
  • ebi yang dihaluskan
  • garam
  • cabe rawit yang dihaluskan
  • air

Takaran:

Kalo gula arennya 100 gram berarti airnya 1 gelas (250 ml) dan bawang putihnya 1 siung. (saya agak sulit menjelaskan perbandingannya, semoga mengerti)

Kalo perbandingan antara gula aren dan asam jawanya itu 1:10

Nah kalo garam, cabe rawit, sama ebi halusnya disesuaikan dengan selera.

Caranya:

  1. Didihkan air, gula aren, dan asam jawa dengan api kecil
  2. Masukan cabe rawit, garam dan ebi (sebaiknya sambil dicicipi disesuaikan dengan selera)
  3. Aduk hingga semua bahan tercampur dan angkat

Udah deh, gampang kan? Sok silahkan dicoba didapur masing-masing.

 

 

Iklan

Penulis: yulijannaini

Seseorang yang ingin bercerita tentang kehidupannya

12 thoughts on “Resep Pempek Palembang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s