Melawan rasa Malas

Tugas kuliah numpuk, belum persiapan acara a dan b, rapat sana rapat sini, besoknya ada ujian atau kuis eh… pas mau belajar datanglah 1 penyakit jadul yaitu MALAS. Haha… Yap, ini saya rasakan saat detik-detik UAS kemaren. Sepertinya saya memang belum lulus ujian kehidupan yang satu ini, yaitu melawan rasa malas. So, searching sana dan searching sini akhirnya nemu tips yang oke buat melawan rasa malas. Tips ini didapatkan dari sini. berikut tips-tipsnya, semoga bermanfaat….

Pertama, berwudhulah, karena dengan berwudhu secara langsung kamu juga akan membasuh wajah dan menyegarkan kembali aura wajahmu yang tadinya ngantuk, kalau bisa mandi sekalian terus wudhu.

Kedua, menghirup udara pelan-pelan melalui hidung kemudian menghembuskannya lewat mulut dengan cara berdiri untuk menambah kesegaran dan ketenangan.

Ketiga, memulai dengan membaca Ta’awudz dan Basmallah, semoga pekerjaan kita baik membaca atau menyelesaikan tugas tidak diganggu oleh syeitan dan akan diberkahi oleh Allah. Hal ini supaya aktivitas bernilai ibadah.

Keempat, ada saatnya untuk mengubah posisi, misalkan posisi duduk ketika membaca. Ataupun bisa jadi dari posisi duduk berubah menjadi berdiri, namun jangan sampai dari duduk terus berbaring, kemungkinan besar bisa ketiduran.

Kelima, berpindah dari ruang satu ke ruang lainnya. Bisa saja disiasati seperti berpindah dari kamar ke beranda ruang tamu atau bahkan ke dapur dan ke luar rumah untuk sesekali memandang alam.

Keenam, membuat sesuatu yang menyegarkan, contohnya saja seperti membuat minuman teh, kopi atau jus bahkan kue-kue kecil untuk menghilangkan rasa bosan dan menjernihkan pikiran.

Ketujuh, ketika sudah selesai, ucapkanlah Hamdallah dan berdoa kepada Allah semoga apa yang baru saja dikerjakan tadi bermanfaat untuk hari esok dan hari yang akan datang.

Itu beberapa tips agar kita terjauh dari sifat malas. Oo iya, jangan lupa juga kita harus berdoa meminta kepada Allah agar senantiasa diberikan semangat dan keistiqomahan dalam beribadah. Aamiin.

 

Iklan

4 Comments Add yours

  1. Aisyah El berkata:

    Semangatmu menggetarkan arys-Nya.. 🙂
    Semoga diistiqamahkan dlm kebaikan ya.. 🙂

    1. yulijannaini berkata:

      aamiin… mhon bimbingannya juga ya ai…

      muach muach…

  2. kang nur berkata:

    Makasih tipsnya, tapi kadang saya juga pinginnya bermalas-malasan, capek juga ga malas terus…

    1. yulijannaini berkata:

      hehehe bener bener… mungkin lebih tepatnya istirahat kali ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s