sehat,,sehat,,sehat,,

Beberapa hari kemarin, ada kegiatan donor darah di Salman ITB. Saya berangkat dari rumah selain ingin bersilahturahmi dengan teman-teman 1 perjuangan, ingin sekali untuk menyumbangkan sedikit darah saya kepada orang lain.

Dengan Pedenya saya pun menghampiri panitia donor darah dengan membawa kartu donor darah dan ditemani oleh kedua teman saya. Dan apa yang terjadi?? Ternyata saya tidak bisa menyumbangkan darah karena Hb saya hanya 11,6. Mungkin karena saya belum sarapan itu yang ada di pikiran saya. Kebetulan ada seorang teteh yang mengajak sarapan (lebih tepatnya makan menjelang siang). Saya memakan makanan itu dan berharap Hb saya nambah agar bisa mendonorkan darah. Singkat cerita bada zuhur saya menghampiri panitia donor darah. Dan, ternyata saya tetap tidak bisa mendonorkan darah saya. Batas minimal Hb untuk menyumbangkan darah adalah 12,5 sedangkan Hb saya saat itu adalah 12,4. Cuma beda 0,1?!?!?!?!

Ada sedikit kekecewaan dari diri saya. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, memang beberapa hari ini saya kurang bisa menjaga pola makan saya dengan baik dan sudah jarang berolahraga.

Ada hikmah di balik ini kejadian yang saya alami di atas. Yaitu “tolonglah dirimu sendiri sebelum menolong orang lain”.. Tetapi kata-kata saya yang ini bukanlah kata untuk berbuat egois. Hanya saja memang terkadang kita suka lupa untuk menolong diri sendiri. Kita lupa akan amanah untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

Dalam donor darah ada beberapa syarat yang harus kita penuhi. Sebenarnya, syarat-syarat itu sangatlah simple. Misalnya, Hb harus di atas 12,5 dan berat badan harus lebih besar dari 45. Asalkan kita bisa menjaga kesehatan pasti bisa untuk mendonor. Orang-orang yang bisa mendonorkan darahnya adalah orang-orang yang sehat.

Begitupun saat kita hendak menolong orang lain.

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai dari sesuatu urusan kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain.” (Q.S Al-Insyirah: 5-7)

Sehat sebelum sakit adalah salah satu 5 perkara yang disebutkan oleh Raihan dalam lagunya yang benar-benar harus kita manfaatkan. So, yuk kita jaga kesehatan. Karena kesehatan adalah aset kita yang paling berharga.

Tinggalkan Balasan

